6 Jenis Tanaman untuk Obat


Jenis Tanaman Obat – Obat merupakan salah satu jalan untuk penyembuhan sebuah penyakit. Tentunya obat lebih banyak dipilih karena lebih murah dan praktis ketimbang memilih jalan operasi yang biayanya selangit. Namun bagaimana jika obat yang biasanya diracik oleh para ahli farmasi kini bisa anda racik sendiri di rumah? Di bawah ini ada beberapa Jenis-jenis Tanaman untuk Obat beberapa jenis penyakit yang dapat anda temukan di sekitar rumah anda.

Macam-Macam  Tanaman Untuk Obat

 1. Buah Delima 
Tanaman pertama adalah buah delima. Buah yang sangat mudah dijumpai ini berkasiat bagi anda yang memiliki tubuh dengan kelebihan kadar kolesterol. Selain itu buah delima juga baik untuk jantung dan mengandung banyak sekali vitamin C. Hanya dengan meminum jus buah delima tubuh akan segar, kadar kolesterol menurun, jantungpun sehat.

2. Buah Jambu Biji 
Buah yang satu ini sangat mudah dijumpai. Selain itu harganya juga sangat murah. Dengan mengolah buah jambu biji menjadi minuman jus yang menyegarkan, tubuh pengkonsumsi akan terobati dari berbagai penyakit seperti diabetes, maag, diare, masuk angin, sariawan.

3. Jeruk Nipis 
Jeruk nipis tidak kalah manfaatnya dengan buah delima dan buah jambu biji. Selain mudah didapat dan harganya yang murah, jeruk nipis sangat kaya dengan vitamin dan mineral. Berbagai penyakit yang dapat diobati dengan jeruk nipi. Mulai dari penyakit biasa seperti sakit tenggotokan dan menghilangkan bau tak sedap pada mulut, sampai penyakit seperti disentri, ambeien, haid tak teratur, kepala pusing, amandel, mimisan, dan radang hidung.

4. Tanaman Jahe
Umbi jahe rupanya mengandung senyawa oleoresin atau lebih dikenal gingerol, senyawa ini bertindak sebagai antioksidan, sifat inilah yang dapat membuat jahe berguna untuk komponen bioaktif anti penuaan. Komponen yang ada pada jahe berfungsi untuk melindungi lemak manusia dari oksidasi, meningkatkan kekebalan tubuh (anti bodi) serta dapat menghambat oksidasi kolesterol. Jahe dapat bermanfaat untuk ramuan masuk angin, sakit kepala / migrain dan terkilir / keseleo.
 
5. Tanaman Tempuyung
Tanaman tempuyung juga merupakan Jenis-jenis Tanaman untuk Obat , tanaman ini biasanya tumbuh di tempat yang ternaungi, ciri cirinya memiliki daun berwarna hijau licin dengan ke ungu unguan, memiliki gerigi tidak beraturan serta tepinya terlihat berombak. Nah daun berombak inilah yang dapat berkhasiat untuk obat yaitu bisa menghancurkan batu ginjal. Pada daun tersebut terkandung kalium sangat tinggi, kehadiran kalium inilah yang membuat daun tempuyung dapat menghancurkan batu ginjal.
 
6. Tanaman Bawang Putih
Bawang putih selain digunakan untuk memasak, dapat juga digunakan untuk obat, tanaman ini terlihat seperti rumpun yang memiliki ketinggian lebih kurang 60cm, biasanya tanaman bawang putih ditanam di wilayah ladang yang ada di pegunungan. Bawang putih dapat mengobati batuk dan Flu. Hal ini karena kandungan sulfur yang ada pada bawang putih ditandai dengan bau dan rasa yang bisa mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan manusia, mampu melegakan pemampatan serta bisa juga mengeluarkan lendir dalam tubuh. Bawang putih yang masih mentang mengandung phytochemical yang mampu membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit.

Sebenarnya masih sangat banyak Jenis-jenis Tanaman untuk Obat yang bisa anda temukan di sekitar anda, hanya saja pengetahuan kita yang kurang dan sifat ke praktisan pada manusia inilah kendalanya, semoga dengan adanya 6 tanaman obat yang telah kami sebutkan diatas dapat menambah informasi untuk anda. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar