Tips Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu HamilKaki kram yang kerap terjadi pada ibu hamil bukanlah sesuatu yang asing, dan biasanya ibu hamil merasakan kaki kram dimalam hari. Hal ini dapat diakibatkan karena dari aktivitas ibu hamil bekerja yang padat dengan posisi kaki mengantung di kursi (tidak menapak kelantai) dan juga dikarenakan kondisi kehamilan ibu yang semakin besar, sehingga beban menopang pada kaki akan semakin berat seiring berat badan ibu hamil yang terus bertambah.  Di tengah tidur malam, tak jarang ada beberapa ibu hamil yang terbangun karena  tiba-tiba mengalami kram kaki.

Kram kaki pada ibu hamil ternyata hal yang lumrah, dokter kandungan mengatakan bahwa itu diakibatkan terlalu kelelahan atau banyak aktivitas. Mungkin juga diakibatkan karena kandungan semakin besar, sehingga menopang beban yang semakin berat karena memang kram kaki ini biasanya terjadi di trimester akhir. Selain itu, kram bisa juga diakibatkan karena kekurangan mineral dalam tubuh, seperti kalsium, potasium, dan magnesium.

Walaupun kram kaki banyak dijumpai pada ibu hamil akan tetapi hal ini dapat anda cegah. ada pepatah bilang mencegah lebih baik dari pada mengobati, nah sama hal nya dengan pencegahan kram kaki. Pencegahan dalam hal ini amat sangat bermanfaat jika dilakukan dengan baik dan benar .

Lalu bagaimana mengatasi kram kaki untuk ibu hamil?


Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi saya saat hamil dan smoga dapat mengurangi kram pada ibu hamil, diantaranya :
  • Berdoalah, karena dengan mengucapkan istighfar atau bacaan yang baik ketika mengalami kram / kesakitan. InsyaAllah dengan mengucap istighfar atau dzikir, dapat meringankan rasa sakit. (Mujarab loh… bisa dicoba ya ibu hamil.
  • Ibu hamil dapat meluruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki. Upayakan agar ujung-ujung jari mengarah ke atas, dan bagian tumit mengarah ke bawah. Ini akan meregangkan otot betis.
  • Mintalah pada suami tercinta bantuannya untuk bekerja ekstra yaitu dengan memintanya memijat perlahan betis  anda dengan arah ke bagian bawah kaki.
  • Jangan berdiri/duduk terlalu lama. Bagi para ibu hamil yang berkarir dan bekerja di depan layar monitor, jangan terlalu lama duduk dan berdirilah sebentar untuk lakukan peregangan atau istirahatlah sejenak.
  • Minum air putih yang banyak/secukupnya untuk menghindari dehidrasi, karena hal ini sangat dianjurkan kepada para ibu hamil.
  • Ibu hamil, jangan melipat kaki disaat duduk karena hal ini akan menghambat aliran darah menuju kaki.
  • Ibu hamil disarankan berolahraga santai seperti berjalan kaki dipagi hari selain olahraga yang sehat dan baik untuk wanita hamil, juga menyegarkan. Dan olahraga jalan kaki ini insyaAllah membantu mengobati kram pada kaki.
  • Ibu hamil dapat mencoba melakukan relaxasi ringan dengan cara merendam kaki menggunakan air hangat, ini bertujuan dapat mengurangi ketegangan pada otot kaki dan dapat mengurangi resiko kram kaki.
  • Sebaiknya ibu hamil berkonsultasi kepada dokter kandungan anda apakah ada obat atau suplemen tambahan untuk mengatasi kram kaki
Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium sangatlah dianjukan untuk para ibu hamil, hal ini dapat membantu memperbaiki kalsium ibu hamil dan memberi cukup kalsium pada calon bayi dan juga ibu hamil tentunya. Ada beberapa sumber kalsium yang ibu hamil konsumi karena mengandung kalsium tinggi, diantaranya ada susu , tahu, salmon dan bisa juga didapat dari si hijau nan menyehatkan ada pada brokoli dan sawi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk para ibu hamil, jaga dan perhatikan nutrisi saat hamil juga karena hal ini sangat perpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan calon bayi.

0 komentar:

Posting Komentar