10 khasiat temulawak yang bagus untuk kesehatan


Khasiat temulawak selama ini sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan, baik untuk pengobatan maupun untuk sekedar menunjang kesehatan anda guna lebih prima. Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza yang merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan, tanaman ini asli dari Indonesia, Khususnya dari Pulau jawa. Namun siring perkembangan jaman dimana banyaknya manfaat temulawak sehingga tanaman ini juga dapat ditemukan di kawasan asia tenggara lainnya seperti china, india jepang dan korea.

Dari dahulu temulawak memang sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Berikut merupakan kandungan temulawak yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh anda :

Zat yang terdapat Dalam Temulawak Yang Bermanfaat Untuk kesehatan tubuh anda

  1. Pati 48.18% – 59.64% – membantu proses metabolisme.
  2. Protin 29.00% – 30.00%
  3. Abu 5.26% – 7.07%
  4. Serat 2.58% – 4.83% – memulihkan kebugaran badan
  5. Kurkumin 1.60% – 2.20% – dapat melancarkan proses pencernaan
  6. Minyak asiri 6.00% – 10.00% – dapat meningkatkan fungsi ginjal
  7. Phelandren – membantu melancarkan pengeluaran toksin tubuh melalui air kencing
  8. Kamfer
  9. Turmerol – membantu proses metabolisme
  10. Borneol – membantu memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit
  11. Sineal
  12. Xanthorrhizol

Berikut 10 manfaat khasiat temulawak untuk membantu meningkatkan kesehatan anda.

  1. Temulawak dipercaya dapat melancarkan ASI dengan cara 20 gram rimpang temulawak dicuci kemudian diparut, hasil parutan diperas dan disaring kemudian direbus sampai mendidih, setelah didinginkan, campurkan dengan 2 sendok makan madu kemudian diaduk rata lalu diminum pagi dan sore hari.
  2. Temulawak dipercaya sebagai antioksidan yang mampu memelihara kesehatan tubuh serta mampu mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh.
  3. Temulawak dapat menurunkan lemak darah dengan adanya kandungan kurkuminoid di dalam temulawak. Dan juga pada fraksi kurkuminoid mampu menurunkan trigliserida, kadar kolesterol total serta mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  4. Temulawak juga dapat merangsang nafsu makan disebabkan oleh adanya efek dari minyak atsiri yang memiliki sifat karminativum.
  5. Manfaat temulawak memiliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi hati dikarenakan dalam temulawak mengandung kalagoga yang berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu dalam hati serta merangsang pengosongan kandung empedu.
  6. Temulawak juga dipercaya dapat menyembuhkan nyeri haid.
  7. Temulawak memiliki kemampuan mengobati jerawat.
  8. Manfaat temulawak dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah karena dalam temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi menghambat pembentukan tromboksan B-2 yang merupakan senyawa yang memiliki fungsi sebagai penggumpal darah.
  9. Temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang sendi serta nyeri, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan kurkumin sebagai antiradang yang dapat mengurangi nyeri serta radang sendi.
  10. Khasiat temulawak juga memiliki kemampuan mamperbaiki fungsi pencernaan. Dengan adanya serbuk rimpang temulawak yang mampu meningkatkan aktivitas cairan yang ada di dalam lambung yang dapat membantu proses metabolisme pencernaan serta mengurangi kontraksi pada usus halus.
Dengan mengetahui begitu besarnya khasiat temulawak untuk menjaga kesehatan kita. Sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan secara maksimal .

0 komentar:

Posting Komentar