Jika Ibu Hamil Sakit atau Bekerja

Jika Ibu Hamil Sakit atau BekerjaJika seorang ibu hamil dan bekerja, kehamilan tidak perlu menjadi hambatan dalam karir. Namun jika saat ibu hamil mengalami suatu keluhan atau penyakit memang diperlukan beberapa tindakan tepat.

Berikut ini adalah cara-cara mengatasi jika ibu hamil bekerja atau selama sakit dan tetap harus bekerja dan cara-cara melepas lelah di kantor:


A. Jika Ibu Hamil Bekerja.

  1. Istirahat cukup. Selain tidur delapan jam sehari diakhir pekan gunakan waktu untuk bersantai dan melakukan hal-hal yang menyenangkan namun tidak melelahkan.
  2. Selama perjalanan pergi dan pulang kantor usahakan duduk dengan santai atau mencoba tidur sejenak.
  3. Memperhatikan makanan bergizi (tidak berlebihan garam dan gula, menghindari makanan cepat saji yang gizinya sedikit.
  4. Pilihlah cemilan yang sehat seperti : roti putih, biskuit, kacang, buah kering (apricot, kismis), yoghurt, jus buah, dan sayur, milkshake, buah-buahan segar.
  5. Jika perlu minum susu khusus untuk ibu hamil agar gizi ibu dan janin terjamin diminum dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur.
  6. Mengkonsumsi vitamin tambahan (sesuai anjuran dokter).
  7. Menjaga penampilan agar tetap menarik mulai dari perawatan rambut, kulit sampai kuku.
  8. Menjaga emosi. Berusaha menyelesaikan pekerjaan satu per satu agar pekerjaan tidak menumpuk dan menimbulkan kekesalan. Serta menyelesaikan setiap masalah dengan tenang agar tidak menimbulkan stres.

B. Jika Ibu Hamil Mengalami Sakit dan Harus Tetap Bekerja

  1. Jika mungkin berusaha bernegosiasi dengan perusahaan agar bisa mengerjakan pekerjaan paruh waktu.
  2. Jika pekerjaan mengharuskan bekerja yang melelahkan fisik, jam kerja panjang atau terlalu banyak berdiri, usahakan membicarakannya dengan atasan agar bisa bertukar temat dengan teman lain untuk sementara.
  3. Jangan lupa membawa obat yang harus diminum dan ditepati jadwalnya.
  4. Beritahukan pada teman dekat dikantor nomor telepon suami atau dokter yang bisa dihubungi jika tiba-tiba mengalami keluhan mendadak.
  5. Taati pantangan-pantangan yang dapat menimbulkan munculnya keluhan pada penyakit ibu hamil.

C. Jika Ibu Hamil Mengalami Kelelahan di Kantor

  1. Mengangkat dan meluruskan kaki selama setengah jam sampai satu jam saat istirahat makan siang.
  2. Disaat kaki terasa pegal lakukan senam ringan berikut ini: duduk dengan punggung menempel pada sandaran, angkat sebelah kaki lalu putar pergelangan kaki perlahan-lahan secara bergantian.
  3. Pastikan berdiri dan duduk dalam sikap yang benar yaitu tegak lurus namun tidak tegang. Sikap ini baik untuk menghindari keluhan pegal pada punggung belakang.
  4. Bawalah sebuah bantal kecil untuk sandaran di bangku agar duduk tetap tegak.
  5. Sesekali keluarlah dari ruangan untuk berjalan-jalan menghirup udara segar dan melihat pemandangan lain selama 10 menit.
Semoga cara-cara tersebut diatas dapat bermanfaat bagi ibu hamil selama bekerja dan dapat melewati kehamilan dengan selamat sampai tiba saatnya menimang sang buah hati.

0 komentar:

Posting Komentar