Kunyit putih untuk melenyapan masuk angin

Khasiat kunyit putih sebagai  tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan memang sudah banyak dikenal orang. Khusunya sebagai obat untuk masuk angin.  Masuk angin merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala gejala sebagai berikut  : Badan meriang atau menggigil , kedinginan khususnya di ujung jari kaki dan tangan,  perut terasa kembung, sering mengantuk, mudah lelah, cegukan, pilek demam, diare, mual dan muntah, keringat terasa dingin, sulit buang angin -kentut, dan nafsu makan kita berkurang.
Jika anda mendapati gejala gejala seperti diatas dapat dipastikan bahwa anda terserang masuk angin. Untuk mengatasinya sangatlah mudah ,teruskan saja membaca artikel ini.

Manfaat Khasiat kunyit putih serta kandungan yang ada didalamnya

sebelum bicara mengenai resep herbal ramuan kunyit putih untuk sakit masuk angin, ada baiknya  anda mengetahui kandungan zat yang terdapat dalam kunyit putih . Kunyit putih atau dengan nama latin Curcuma alba merupakan tanaman rimpang atau umbi-umbian. Rimpang kunyit putih merngandung minyak atsiri dengan rendemen sebanyak 0.2%.  Didalam minyak astiri kunyit putih mengandung camphor , sineol, metil chavicol, saponin, flavonoid serta polifenol.
Menurut para ahli, kunyit putih (Curcuma alba)selain bermanfaat untuk untuk meredakan masuk angin juga mampu mencegah perkembang biakan sel kanker dan tumor. Sel kanker punya batasan umur yang bila sudah saatnya akan mati. Kalau tidak dicegah perkembangbiakannya, sel kanker akan semakin banyak dan merugikan sel normal.
Kesimpulan ini bermula dari penderitaan seorang dokter di sebuah Puskesmas di Kulon Progo. Dokter tersebut terkena kanker payudara dan sudah divonis usianya tinggal beberapa bulan karena kankernya sudah berkembangbiak hingga ke usus besar, kandung kemih, dan paru-paru. Ternyata dokter ini bisa panjang umur nya dan berhasil sembuh setelah diobati dengan kunyit putih.
Bisa jadi ini karena kunir putih memiliki sifat anti kanker lewat kerja imunomodulator-nya. Ekstrak kedua tanaman ini pada percobaan mencit ternyata memperbanyak jumlah limfosit, meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker (natural killer) dan sintetis antibodi spesifik. Sifat-sifat di atas akan menguatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap virus maupun sel kanker.
 tanaman ini mudah dijumpa. Banyak tumbuh di alam bebas seperti ladang. Termasuk dalam golongan semak tinggi yang dapat mencapai dua meter. Batangnya semu, berbentuk silindris, lunak. Batang di dalam tanah membentuk rimpang berwarna hijau pucat.

Berikut merupakan resep obat herbal khasiat kunyit putih untuk masuk angin  :

  • Ambillah 200g kunyit putih yang telah dicuci bersih.
  • Kupas kemudian parut lalu diambil airnya.
  • Rebus air perasan kunyit putih tersebut dengan air bersih secukupnya
  • Sebelum diminum sebaiknya hasil rebusan dipanasi agar terasa hangat.
  • Jika ingin sedikit manis dapat ditambah madu secukupnya
Sekian artikel mengenai tips kesehatan khususnya manfaat khasiat kunyit putih untuk mengatasi masuk angin. Semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar