8 Cara mudah dan alami mengatasi gusi bengkak

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak. Ada yang secara alami maupun dengan obat-obatan yang dapat menghilangkan rasa nyeri. Tapi, kebanyakan orang banyak mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri pada gusi bengkak. Padahal efek dari obat itu hanya sementara, sangat berbeda dengan pengobatan secara alami yang dapat menyembuhkan gusi yang bengkak secara permanen dan tidak akan timbul lagi.
 
Bagi Anda yang sedang mengalami gusi bengkak ada baiknya untuk membaca artikel ini sampai tuntas.
 
Penyebab paling mendasar pada gusi bengkak yaitu, adanya bakteri pada plak gigi yang menginfeksi jaringan gingiva, sehingga membuat gusi menjadi bengkak, berwarna kemerahan, kadang juga nyeri dan sampai pada akhirnya gigi akan menjadi goyang bahkan lepas. Selain itu gigi juga akan mudah sekali berdarah ketika sedang menyikat gigi.



Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Dibawah ini penulis akan memberikan informasi mengenai cara mengatasi gusi bengkak dengan cara alami:
 
1. Berkumurlah dengan air garam hangat.
Berkumur dengan garam merupakan cara mengatasi gusi bengkak yang tekenal ampuh selama beberapa saat. Air garam mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk melawan kuman.
 
2. Gunakan hidrogen peroksida atau baking soda
Anda bisa membuat obat kumur alami yaitu dengan mencampurkan air dengan hidrogen peroksida atau baking soda. Obat kumur tersebut dapat mengurangi rasa sakit pada gusi.
 
3. Perbanyak minum air putih
Minum air putih dengan banyak dapat menambah air liur. Selain berfungsi sebagi pencerna, air liur juga dapat membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Jadi ketika gusi Anda sakit cobalh untuk memperbanyak minum air putih dan jagalah kebersihan mulut dari bakteri dan kuman.
4. Memijat gusi
Anda dapat memijat gusi yang sakit menggunakan telunjuk jari yang bersih. Gosoklah gusi dengan gerakan yang melingkar dari awal garis gusi. Pijatan-pijatan tersebut dapat membuat sirkulasi darah meningkat sehingga membantu proses penyembuhan.
 
5. Hindarilah makanan yang dapat menyebabkan plak dan konsumsi vitamin C
Ada baiknya Anda menghindari makanan yang mudah menempel pada gusi dan menimbulkan plak, seperti roti dan lainnya. Dan perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti sayuran segar dan buah-buahan.
 
6. Sikat gigi teratur
Sikatlah gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut dari kuman dan membantu proses penyembuhan dengan cepat.
 
7. Minyak cengkeh dan lada hitam
Minyak cengkeh adalah obat-obatan tradisional yang sering digunakan dari zaman dahulu hingga sekarang. Caranya yaitu usapkan minyak cengkeh beserta sedikit lada hitam untuk membantu meredakan rasa sakit pada gusi.
 
8. Daun sirih
Cara menggunakan daun sirih sebagai pengobatan gusi bengkak juga merupakan cara tradisional. Cobalah ambil 15 lembar daun sirih beserta akar sereh, kemudian campurkan 20 gram kunyit dan garam secukupnya, kemudian rebus dengan 500 cc air, kemudian air rebusan disaring dan kumurkanlah atau bisa juga diminum.
 
Itulah informasi mengenai cara mengatasi gusi bengkak dengan pengobatan alami, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami kesulitan untuk mengobati sakit gusi bengkak.

0 komentar:

Posting Komentar