Makanan Bergizi pada Kehamilan Trimester Pertama

 

     Makanan bergizi pada kehamilan trimester pertama sangatlah penting. Tidak sekedar untuk mengenyangkan perut, Anda pun harus memperhatikan apa yang dikonsumsi dalam sehari-hari. Ibu hamil tentu saja harus mengkonsumsi makanan bergizi.
     Kehamilan trimester pertama merupakaan tahapan dimana janin sedang menjalani proses pembentukan otak, sistem saraf, jantung dan organ-organ reproduksi. Agar perkembangan janin sempurna tentu saja harus memenuhi beberapa makanan yang mengandung gizi berikut ini :

☼ Asam folat
     Asam folat berperan dalam pembentukan sistem saraf pusat termasuk otak. Anda bisa menemukan asam folat di antaranya dalam kacang kedelai (tempe dan tahu), hati sapi, apel dan sayuran berwarna hijau tua.

☼ Asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3
     Asam lemak omega-6 atau asam lenoleat berkontribusi dalam pembentukan asam lemak arakidonat (AA). Sedangkan asam lemak omega-3 yang sudah masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi EPA (asam eikosapentaenoat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat).
     AA dan DHA terbukti menjadi lemak dominan penyusun sel-sel saraf dan otak janin. Anda bisa menemukan asam lemak omega-6 di minyak kedelai atau minyak zaitun.
     Sedangkan asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan salmon, sarden, kembung, tuna, tenggiri dan ikan tawas.

☼ Vitamin B2 (riboflavin)
     Vitamin B2 ditemukan dalam telur dan keju cheddar yang dapat membantu melepas energi dari protein. Vitamin B2 juga membantu memenuhi kebutuhan protein yang meningkat selama kehamilan, terutama pada kehamilan trimester pertama.

☼ Vitamin B12
     Vitamin B12 mampu menjaga kinerja sel-sel sumsum tulang belakang, sistem saraf dan saluran pencernaan. Vitamin B12 juga membantu kelancaran pembentukan sel darah merah. Semua itu bisa Anda temukan pada produk olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe, susu serta produk lainnya.

☼ Vitamin D
     Vitamin D mampu menyeimbangkan mineral dalam darah, membantu pembentukan tulang dan gigi serta penyerapan kalsium. Selain susu, Anda bisa menemukan vitamin D dalam ikan salmon dan ikan hering.

☼ Vitamin C
     Vitamin C banyak dan mudah ditemui dalam keseharian Anda. Jeruk, belimbing, kiwi sampai paprika.    Vitamin C sangat bermanfaat untuk perkembangan janin pada kehamilan trimester pertama. Vitamin ini dapat membantu penyerapan zat besi, meningkatkan penyerapan asam folat, mengurangi resiko pre-eklampsia, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
     Ibu yang bijak akan menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya. Oleh karena itu, mulailah dengan pemilihan makanan bergizi pada kehamilan trimester pertama. Selamat menikmati masa-masa kehamilan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar