Tanda-Tanda Kanker Pada Anak yang Harus Diperhatikan!



Tanda-Tanda Kanker Pada Anak yang Harus Diperhatikan!

Kanker merupakan penyakit paling mematikan yang bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Namun, bila diketahui pada stadium awal, kanker masih bisa diobati dan disembuhkan hingga 80 persen. Karena itu, penting sekali bagi orangtua untuk mewaspadai tanda-tanda kanker sejak dini.

Menurut dr. Edi Setiawan, spesialis onkologi anak, kanker dapat digolongkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama merupakan kanker jenis cair yakni darah atau leukimia. Kedua adalah kelompok tumor padat.

Benjolan di bagian tubuh anak bisa jadi salah satu pertanda adanya tumor padat yang kerap ditemukan di semua organ tubuh anak. Bila Anda menemukan benjolan di tubuh anak, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Selain benjolan, masih ada beberapa tanda adanya kanker dalam tubuh anak, seperti berikut ini:

1. Mata
Waspadalah jika mata anak terlihat seperti mata kucing, penglihtan terganggu, juling, dan mata memerah. Bila kondisi mata anak tidak ada perubahan selama 3 hari setelah ditetesi obat mata maka segera periksakan anak ke dokter karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala awal adanya kanker bola mata (retinoblastoma).
2. Leher
Benjolan di leher anak bisa disebabkan oleh infeksi dan tumor. Bedanya, bila benjolan terasa sakit saat diraba atau ditekan maka bisa jadi hal itu disebabkan oleh infeksi pada gigi atau telinga. Namun, bila  benjolan tidak terasa sakit saat ditekan dan bertambah besar dalam waktu singkat, maka Anda petut waspada. Kondisi tersebut bisa jadi pertanda anak mengalami tumor.
3. Paru
Anak akan mengalami sesak napas bila terdapat sel kanker di paru-parunya. Perlu diketahui bahwa tidak ada kanker paru pada anak. Adanya sel kanker di paru-paru biasanya disebabkan penyebaran jenis kanker tertentu ke paru-paru, seperti kanker tulang.
4. Perut
Bila terdapat kanker pada salah satu organ dalam perut maka biasanya perut akan membuncit dan terdapat benjolan saat ditekan. Bila hal itu terjadi pada perut si kecil sebaiknya jangan terlalu sering menekan perut anak yang membuncit karena bisa mempermudah penyebaran. Segera periksakan anak bila Anda menemukan kasus seperti ini.
5. Alat kelamin
Secara fisik, testis kanan dan kiri pada alat kelamin pria terlihat tidak sama besar, konsistensi testis yang terkena biasanya keras, dan tidak dijumpai tanda-tanda infeksi. Kanker pada organ testis, sama halnya paru-paru dapat merupakan akibat penyebaran dari suatu jenis kanker tertentu ke testis. Seperti kanker darah yang menyebar ke testis.
6. Tangan atau kaki
Waspada bila terlihat ada bengkak pada tangan atau kaki. Pembengkakan ini biasanya dapat disertai dengan demam atau nyeri.
7. Otak
Benjolan pada otak memang tidak bisa dilihat maupun diraba. Meski begitu, orangtua tetap bisa mewaspadai gejala kanker otak dengan melihat dampak yang ditimbulkan akibat adanya suatu benjolan di otak, seperti muntah yang menyemprot, pusing, gangguan keseimbangan, dan lumpuh.

0 komentar:

Posting Komentar